February 2, 2016

4 Macam Hal yang Dapat Ditemui Saat Perayaan Imlek

Posted By: Wahyu Utama - Tuesday, February 02, 2016

Share

& Comment

Sebentar lagi perayaan imlek akan datang. Bagi umat yang merayakannya, tentu kalian sangat senang sekali bukan ? dan pasti juga sudah mempersiapkan segala macam hal guna menyambut datangnya imlek. Dan bagi kita yang tidak merayakan, pasti ingin mengetahui apa-apa saja yang ada pada  saat perayaan imlek. Tanpa banyak buang waktu lagi, berikut 4 macam hal yang akan kita temui pada saat perayaan imlek.


Petasan
Kita tentu sering melihat petasan ramai dijual saat bulan puasa atau pun menjelang lebaran dan bermain petasan saat momen tersebut merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun kita tidak memahami arti apapun saat bermain petasan, yang kita rasakan hanya kemeriahan saja untuk menyambut datangnya bulan puasa. Tapi bagi masyarakat Tionghoa, petasan yang ada saat imlek memiliki arti tersendiri bagi mereka dimana suara ledakan dari petasan diyakini untuk mengusir makhluk-makhluk halus. Sehingga di tahun yang baru segala macam bentuk kesialan dapat menjauhi kehidupan mereka.

Barongsai
Siapa yang tidak terkesan dengan atraksi para pemain barongsai yang mampu berkoordinasi dengan sangat baik untuk memberikan pertunjukkan yang menarik penontonnya. Sedikit kesalahan saja atau salah satu tim tidak kompak maka semua anggota dapat celaka dibuatnya. Bagi kita orang awam pertunjukkan ini hanya sebatas hiburan saja, tapi ada juga makna filosofisnya dimana dari tarian barongsai diharapkan segala ketidakbruntungan dapat pergi dan membawa banyak keberuntungan pada tahun berikutnya.

Angpao
4 macam hal yang dapat ditemui saat perayaan imlek
Angpao

Berbagi rezeki pun dilakukan masyarakat Tionghoa pada saat perayaan imlek. Jika kita pada saat Lebaran ada istilah THR, maka mereka menyebut bagi-bagi rezeki dengan angpao. Apabila kita memberikan THR pada saat hari raya idul fitri agar semua orang dapat merasakan kebahagian dan suka cita saat Lebaran dan yang menerima tidak memiliki persyaratan apapun. Disisi lain masayarakat tionghoa memberikan angpao hanya kepada anak-anak dan orang yang belum menikah. Pemberian angpao juga memiliki makna pengharapan dari pemberi angpao kepada penerima angpao, bisa berupa harapan agar sehat dan sukses atau apapun.

Lampion
Sering kita lihat lampion diletakkan didepan rumah masayrakat tionghoa saat mereka merayakan imlek. Peletakan lampion memiliki arti bagi mereka tentang harapan akan adanya rezeki, kebahagiaan dan keberuntungan  di tahun baru nantinya.


Jika kita pahami lebih dalam, budaya masyarakat tionghoa selalu memberikan makna filosofis tersendiri disetiap simbol perayaan imlek. Ini merupakan wujud sikap optimis dan positif yang mereka tunjukkan dalam menyambut datangnya tahun baru dan dapat menjadi contoh bagi kita semua dalam menyikapi setiap perayaan. Sehingga kita tidak menjadikan perayaan hanya tempat bersenang-senang saja tapi ada semangat dan harapan positif yang dapat diaplikasikan di kehidupan kita kedepan. 

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.