February 5, 2016

Dampak yang Akan Terjadi Atas Ditutupnya Pabrik Panasonic dan Toshiba di Indonesia

Posted By: Wahyu Utama - Friday, February 05, 2016

Share

& Comment

Awal tahun ini, Indonesia mulai ditinggalkan para investor dan memilih menutup pabrik tempat mereka beroperasi. Hal ini ditegaskan oleh Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, lebih lanjut dia menyatakan bahwa pabrik yang ditutup adalah pabrik televisi milik Toshiba di kawasan industri cikarang dan pabrik yang lainnya merupakan milik Panasonic Lighting Indonesia di Pasuruan dan Bekasi. Hal ini tentu akan memperburuk keadaan ekonomi masyarakat Indonesia kedepan. Dengan penutupan pabrik ini tentu akan memiliki banyak dampak di indonesia, mari kita Lihat.
Dampak yang akan terjadi atas ditutupnya pabrik panasonic dan toshiba di indonesia
Add caption

Pengangguran Akan Bertambah
Dengan ditutupnya pabrik Panasonic dan Toshiba di indonesia akan menyebabkan ribuan pekerja pabrik akan di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Hal ini membawa masalah baru dimana pengangguran akan semakin bertambah di indonesia dan yang lebih memprihatinkan adalah banyak pekerja yang telah memiliki keluarga yang harus mereka  tanggung, jika PHK terjadi akan banyak keluarga yang ikut susah. Kebutuhan makan, Sekolah, dan Rumah sakit akan semakin sulit untuk mereka penuhi membuat kualita hidup mereka semakin rendah dari sebelumnya.

Investor Kehilangan Kepercayaan
Melihat iklim usaha yang dinilai tidak menguntungkan ditambah dengan penutupan pabrik perusahaan besar seperti Panasonic dan Toshiba. Banyak Investor akan menahan investasinya di indonesia. Mereka tentu akan banyak pertimbangan dalam berinvestasi melihat perusahaan sebesar Toshiba dan Panasonic tidak mampu bersaing di Indonesia karena dampak perlambatan ekonomi dunia.

Penurunan Daya Beli Masyarakat
Kemampuan masyarakat untuk melakukan konsumsi dipengaruhi dengan pendapatan yang mereka terima dari pekerjaan. Dengan adanya PHK terhadap para pekerja Toshiba dan Panasonic hal ini membuat mereka kehilangan kemampuan konsumsi barang dan jasa. Bagaimana jika kita berfikir bahwa banyak pekerja yang selama bekerja di pabrik biasa membeli makan siang di sebuah kedai makan disekitaran pabrik, dengan kehilangan pekerjaan tentu mereka tidak lagi mampu membeli dan dampaknya tentu pada penurunan omzet kedai makan tersebut.

Semangat Wirausaha Seharusnya Bertambah
Sekarang bukan lagi waktunya untuk mengeluh dan berputus asa dengan kejadian ini. Hal positif yang seharusnya dapat dilakukan para pekerja yang di PHK adalah dengan mengembangkan jiwa berwirausaha. Dengan pesangon yang akan mereka terima ditambah tabungan yang telah mereka kumpulkan selama bekerja dapat mereka jadikan modal untuk melakukan usaha, bisa dengan usaha apa saja yang mudah dilakukan dengan modal yang sedikit seperti berjualan sarapan pagi, berdagang gorengan. Yang terpenting Kita harus yakin untuk memulai dan semangat untuk melakukannya.


4 Hal inilah yang akan terjadi bilamana pabrik Panasonic dan Toshiba di tutup dan operasinya dihentikan di Indonesia. Banyak sekali dampak negatif yang akan dirasakan banyak pihak terutama bagi mereka yang akan kehilangan pekerjaan di pabrik. Pemerintah seharusnya tahu bagaimana untuk  menyelesaikan masalah ini dan berfikir kedepan bagaimana agar hal ini tidak lagi terjadi.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.