February 8, 2016

Fakta Baru yang Ditemukan Terkait dengan Virus Zika

Posted By: Wahyu Utama - Monday, February 08, 2016

Share

& Comment

Walaupun virus ini dinyatakan belum masuk dan menyebar ke indonesia tapi kita semua harus mulai mewaspadainya. Terutama bagi wanita yang hamil dimana bayi yang terlahir dapat cacat, salah satu cacat yang dapat terjadi ialah mikrosefalus atau ukuran kepala yang kecil. Sekarang kita lihat apa saja fakta yang terbaru berkaitan dengan munculnya virus zika.

FAKTA bARU YANG DITEMUKAN TERKAIT DENGAN VIRUS ZIKA


Penyebaran virus Meluas
Telah diketahui bahwa penyebaran virus ini sangatlah cepat dan berita terbaru mengumumkan virus telah menyebar ke Pasifik dan Eropa. Hal ini dibuktikan dengan adanya seorang wanita hamil dari spanyol yang terdeteksi terinfeksi virus setelah berpergian dari kolumbia. Dan ini merupakan satu diantara tujuh kasus terkait dengan virus zika di spanyol. Meskipun pihak otoritas disana menyatakan mereka semua yang terinfeksi virus setelah berada di luar negeri, bukan tidak mungkin virus akan mewabah dan menyebar disana, karena sejak pertama diketahui di Brasil pada April tahun lalu virus ini telah menyebar ke 26 negara di Benua Amerika.

Penyebaran melalui Transfusi Darah
Fakta ini pertama kali ditemukan di Brasil yang mengatakan terdapat dua warga yang terjangkit virus zika setelah mendapatkan transfusi darah. Dengan adanya hal ini Palang Merah Amerika Serikat menyarankan para wisatawan untuk mendonorkan darahnya 28 hari setelah kepulangan mereka dari luar negeri. Selain itu, sebaiknya para pendonor darah benar-benar diperiksa dengan seksama terkait kesehatannya agar jangan sampai mereka terinfeksi virus zika dan malah menularkannya kepada orang lain dan akan menambah daftar kasus virus zika.

Antisipasi oleh Pemerintah mulai dilakukan
Pemerintah mulai turut mewaspadai terkait dengan penyebaran virus ini. Hal ini dapat kita lihat dari pemasangan Thermoscanner di bandara dan pelabuhan sehingga setiap orang yang datang dapat diketahui kondisi panas tubuhnya, jika mereka memiliki panas tubuh yang tidak normal akan segera ditindaklanjuti oleh otorita terkait yang dalam hal ini Dinas Kesehatan. Tidak hanya itu saja, peti kemas yang masuk kepelabuhan di cek kebersihannya dan dipastikan tidak ada jentik-jentik nyamuk atau unsur-unsur lain berkaitan dengan virus zika ini.

Itulah fakta terbaru yang ditemukan berkaitan dengan mewabahnya virus zika. Meskipun kasus ini belum ditemukan di Indonesia, waspada disertai menjaga lingkungan dan kesehatan diri harus digalakkan kita semua beserta keluarga. Dengan terus memantau kabar terbaru dan tindakan pencegahan terkait dengan virus zika, penyebaran virus ini dapat kita minimalisir.

Baca Juga :


About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.