February 15, 2016

Geger Masalah Kalijodo, Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Kawasan Kalijodo ditutup oleh Pemerintah

Posted By: Wahyu Utama - Monday, February 15, 2016

Share

& Comment

Akhir-akhir ini kita sering kali melihat berita terkait dengan masalah kalijodo, baik itu di tv nasional maupun di media sosial. Hampir semua masyarakat yang sebelumnya tidak mengetahui kawasan kalijodo mulai mencari tahu dari berbagai sumber. Kawasan yang berada di penjaringan, jakarta utara ini merupakan tempat perjudian, hiburan malam dan prostitusi yang berada di ibukota negara.

Masalah kalijodo menjadi geger dibicarakan masyarakat setelah Ahok geram melihat kecelakaan mobil fortuner yang diketahui bahwa pengemudinya mabuk dan sempat datang ke kawasan kalijodo untuk menikmati hiburan malam disana. Mengetahui hal ini Ahok kemudian berencana untuk menutup kawasan kalijodo dari kegiatan perjudian dan prostitusi disana.

Walaupun itu merupakan langkah yang baik tapi sebaiknya harus memperhatikan hal yang akan terjadi pasca penutupan kawasan kalijodo. Sekarang mari kita lihat, hal-hal apa saja yang akan terjadi jika kawasan kalijodo ditutup oleh pemerintah.

Geger masalah kalijodo, hal ini yang akan terjadi jika kawasan kalijodo ditutup oleh pemerintah
Kawasan Kalijodo


Kawasan Maksiat akan Berkurang di Jakarta
Apabila kalijodo resmi digusur, maka para pencari kenikmatan semalam akan semakin sulit untuk mencari tempat hiburan malam. Dengan hal ini diharapkan mampu menekan penyakit di masyarakat berupa seks bebas, perjudian, dan minuman keras.

Jakarta Akan Semakin Hijau
Dengan pengalihfungsian kawasan kalijodo dari kawasan lokalisasi menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) akan membuat kota jakarta semakin asri dan sejuk. Semakin banyak pula  tempat yang menjadi alternatif bagi warga ibukota untuk berlibur dan menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Disamping 2 hal positif yang akan terwujud diatas, disisi lain terdapat dampak negatif yang akan dirasakan masyarakat terkait dengan penutupan kawasan kalijodo. Berikut kita simak.

Banyak yang Akan Kehilangan Pekerjaan
Penutupan kawasan kalijodo akan membuat banyak pihak kehilangan pekerjaan. Mulai dari penjual makanan minuman, tukang ojek yang biasa mangkal dikawasan tersebut, dan tukang parkir yang biasa bekerja disana. Banyak sekali orang yang menggantungkan hidupnya disana untuk menghidupi keluarga mereka. Dengan adanya rencana penutupan kawasan kalijodo tentu akan membawa beban baru yang harus dipikul, mereka yang kehilangan pekerjaan harus berusaha keras untuk mencari usaha lain dan pastinya ditempat yang baru.

Tindak Kriminal akan Meningkat
Masih berkaitan dengan poin diatas, jika kita asumsikan bahwa mereka yang kehilangan pekerjaan dikarenakan penutupan kawasan kalijodo tersebut merupakan orang yang memiliki keahlian yang terbatas. Tentu akan sulit sekali bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang lain. Ditambah dengan keterbatasan modal yang dimiliki untuk membuka usaha baru, membuat mereka akan semakin putus asa. Dengan semakin putus asa karena ada tanggungan yang harus mereka biayai dalam hal ini adalah keluarga, membuat mereka mencari jalan alternatif yang salah untuk mendapat penghasilan. Akhirnya perampokan, pencurian, dan penjambretan akan semakin banyak menjamur di ibu kota.


Penutupan kawasan kalijodo memiliki banyak dampak kedepan. Pemkot DKI yang berencana melakukan penutupan kawasan ini seharusnya bijak dalam mengambil langkah dan keputusan. Jangan sampai langkah yang dianggap dapat mengatasi masalah malah berdampak muncul masalah baru di masyarakat.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.