February 23, 2016

Kasus Saiful Jamil : Cara Menjauhi Anak dari Pelecehan Seksual

Posted By: Wahyu Utama - Tuesday, February 23, 2016

Share

& Comment

Kasus yang membawa nama artis tanah air kembali mencuat. Kali ini Saiful Jamil yang menjadi sorotan massa terkait adanya pelaporan yang diduga korban pelecehan seksual oleh dirinya. Saiful Jamil akhirnya ditahan oleh pihak kepolisian sampai dengan diusutnya kasus ini.

Bercermin dari pengalaman masa lalu, banyak sekali kasus pelecehan seksual yang menimpa anak-anak dibawah umur. Oleh karena itulah, orang tua sebagai pelindung harus menjauhi anak-anak mereka agar tidak menjadi korban pelecehan seksual. Berikut kami berikan cara-cara yang dapat diikuti orangtua untuk menjauhi anak dari pelecehan seksual.

Kasus Saiful Jamil : Cara Menjauhi Anak dari Pelecehan Seksual

Baca Juga :

Awasi Siapa Idolanya
Masa puber seorang remaja pasti terjadi oleh setiap anak. Pada masa ini, hormon seksual meningkat dari sebelumnya. Pada saat ini juga anak-anak mulai memiliki ketertarikan pada lawan jenisnya, salah satu contohnya adalah mereka mulai memiliki idola. Tidak ada yang salah jika seorang anak memiliki idola, hal ini menjadi salah ketika perilaku orang yang dijadikan idola malah menyimpang. Hal ini baik disadari ataupun tidak disadari akan memiliki dampak psikologis terhadap anak, dimana mereka akan ikut mencontoh perilaku tersebut.

Pendidikan Seksual Sejak Dini
Meskipun hal ini dianggap tabu dilakukan oleh kedua orang tua, tetapi hal ini menjadi sangat penting dilakukan. Mengingat rasa ingin tahu yang besar pada masa anak-anak dan remaja, membuat mereka mulai mencari tahu sendiri hal-hal yang belum mereka ketahui, salah satunya adalah masalah seksual. Apabila orang tua tidak mulai mengajarkan prihal ini kepada anak-anak dikhawatirkan anak akan belajar dari sumber yang salah dan akhirnya anak dapat menjadi korban pelecehan seksual. Orang tua tidak perlu mengajarkan hal-hal yang rumit, cukup tekankan fitrah mereka sebagai manusia untuk menyukai lawan jenisnya, dan bagian tubuh mana yang tidak pantas dijamah oleh orang lain.

Ajari Bela Diri

Hal ini sangat ditekankan kepada anak-anak perempuan yang rawan mengalami pelecehan seksual. Orang tua harus mulai mengikutsertakan anak mereka ketempat-tempat latihan bela diri. Ilmu bela diri dapat menjadi bekal penting disaat anak terdesak dan mulai diganggu oleh penjahat seksual. Beladiri yang sangat disarankan adalah Wing Chun yang menekankan pada defense atau menahan serangan dari pihak lawan.

Orang Tua Menjadi Pedoman
Anak merupakan pencontoh yang baik terhadap tingkah laku kedua orang tuanya. Maka dari itu sebagai orang tua harus menjadi seorang Role Model bagi anak-anak mereka. Orang tua harus memberikan contoh yang benar dengan tingkah laku yang mereka tunjukkan bukan hanya dengan perkataan. Sebagai contoh jika kita mengajarkan mereka untuk tidak meniru pelakon kebanci-bancian di televisi maka pada saat menonton orang tua harus mulai mengganti channel ke acara televisi yang lain jika ada unsur kebanci-bancian. Dengan memberi contoh yang dilakukan secara langsung akan membuat kesempatan anak mencontoh menjadi lebih besar.


Orang Tua sudah seharusnya menjadi garda terdepan dalam melindungi anak-anak dari pelaku pelecehan seksual. Jangan sampai generasi muda Indonesia hancur dikarenakan perilaku segelintir orang-orang yang menyimpang. 

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.