February 3, 2016

Waspada Virus Zika menyerang ! Terapkan 4 hal ini untuk melindungi keluarga kita

Posted By: Wahyu Utama - Wednesday, February 03, 2016

Share

& Comment


Waspada virus zika menyerang ! terapkan 4 hal ini untuk melindungi keluarga kita

Akhir-akhir ini masyarakat mulai diserang rasa was-was terhadap kemunculan virus zika. Virus ini ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang juga membawa wabah demam berdarah ke berbagai daerah di indonesia. Ditambah lagi dengan banyak pemberitaan yang menyatakan bahwa ibu hamil yang terjangkit virus ini dapat menularkan kepada janin yang dikandungnya dan akan membuat bayi lahir dengan keadaan mikrosefalus (ukuran kepala yang kecil). Oleh karena itulah, kita harus melawan virus ini dengan bebarapa pencegahan dan menerapkan hal-hal berikut unutk melindungi kita dan keluarga dari terjangkitnya virus zika.

Memberantas Sarang Nyamuk
Virus ini ditularkan dari gigitan nyamuk aedes aegypti, maka dari itulah terlebih dahulu kita harus menghentikan berkembangnya jentik-jentik nyamuk dimulai dari lingkungan rumah kita. Kita dapat mengikuti anjuran Kemenkes dengan gerakan 3M (Mengubur, Menguras, Menutup). Mengubur barang-barang bekas  yang tidak lagi terpakai sehingga tidak dijadikan tempat bagi nyamuk untuk hidup. Menguras bak penampungan air agar tidak berkembangnya jentik-jentik nyamuk aedes aegypti. Terakhir kita tutup tempat-tempat air agar tidak menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Gunakan krim anti nyamuk
Saat kita bepergian biasakan untuk menggunakan krim anti nyamuk. Kita tidak pernah tahu akan bepergian kedaerah mana dan apakah ada nyamuk aedes aegypti di tempat tersebut. Lebih baik lagi jika menggunakan pakaian dan celana panjang.

Ingat belum ada vaksin dan obat penyembuhannya
Dengan kita mengingat bahwa virus zika belum ada obat dan vaksinnya membuat kita lebih waspada dan ingin menerapkan hidup sehat di lingkungan kita, agar jangan sampai ada anggota keluarga kita terjangkit virus ini dan pergi meninggalkan kita. Disamping itu bagaimana jika istri kita yang ikut terjangkit virus zika ? Apakah kita ingin anak kita terlahir cacat ?! Kesadaran terhadap akibat dari virus zika akan membuat kita lebih peka lagi untuk mengambil tindakan pencegahan.

Perhatikan Gejala
Gejala virus zika antara lain demam yang mendadak, lemas, muncul kemerahan pada badan serta nyeri pada persendian. Jika kita melihat tanda ini ada pada orang disekitar kita cepat ambil tindakan untuk membawa mereka ke klinik atau rumah sakit agar bisa cepat diketahui penyakit yang diderita.


Demikian hal-hal yang harus kita ambil terkait dengan pencegahan virus zika. Dengan adanya kesadaran mengambil langkah pencegahan diharapkan mampu menekan penyebaran virus zika di lingkungan kita. Dan yang terpenting  semoga negeri kita indonesia juga dapat dijauhi dari kemunculnya virus ini.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.