February 27, 2016

Waspadai 4 Hal ini Saat Musim Hujan Datang !

Posted By: Wahyu Utama - Saturday, February 27, 2016

Share

& Comment

Saat ini Indonesia telah memasuki musim penghujan. Diperkirakan sampai dengan bulan Maret nanti hujan lebat disertai angin kencang akan mengguyur Negara Ini.

Waspadai  4 Hal ini Saat Musim Hujan Datang !

Pada musim penghujan seperti ini, ada banyak hal yang patut kita waspadai. Tindakan pencegahan kita lakukan agar jangan sampai mengalami musibah yang berkaitan dengan datangnya musim hujan ini.

Berikut ini merupakan 4 hal yang harus kita waspadai disaat musim hujan tiba.

Banjir
Saat hujan lebat datang dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Hal ini akan membuat saluran air tidak mampu lagi menahan aliran air hujan dikarenakan sudah terlalu banyak volume air. Ditambah lagi dengan debit air sungai yang mengalami kenaikan, membuat tidak terdapat lagi tempat untuk menampung air hujan. Akhirnya aliran air akan meluap kepermukaan dan menggenangi pemukiman penduduk dan jalan-jalan di perkotaan.

Waspadai  4 Hal ini Saat Musim Hujan Datang !

Hal yang harus diwaspadai adalah masyarakat yang tinggal dekat dengan bantaran sungai, karena disaat volume air sungai meningkat para penduduk yang tinggal di sepanjang aliran sungai yang akan mendapatkan imbasnya lebih dulu.

Untuk menanggulangi bencana ini, disaat hal ini terjadi masyarakat harus cepat mendapatkan informasi dimana posko-posko pengungsian yang telah disediakan pemerintah dan juga telepon darurat yang dapat digunakan untuk menghubungi petugas keselamatan seperti SAR.

Pohon Tumbang
Waspadai  4 Hal ini Saat Musim Hujan Datang !

Hujan yang lebat seringkali disertai dengan angin yang kencang. Dimana angin yang kencang dapat dengan mudah merobohkan pohon-pohon tua di perkotaan. Hal ini sangatlah berbahaya, dimana kita ketahui sangatlah banyak pohon-pohon berusia tua di sepanjang jalan yang dilewati para pengendara. Tentu hal ini sangat membahayakan jiwa masyarakat dan para pengendara yang melintas.

Bagi masyarakat sangat disarankan untuk tidak berteduh dibawah pohon saat hujan mengguyur perkotaan. Usahakan carilah bangunan yang aman seperti ruko dan minimarket sebagai tempat berteduh sementara waktu. Bagi pengendara sebaiknya menjauhi jalur yang terdapat pohon-pohon tua dan mencari jalan alternatif disaat hujan disertai angin kencang datang.

Deman Berdarah
Hujan yang datang akan menambah genangan –genangan air. Hal ini akan menjadikan semakin banyak tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti . Jika kita tidak cepat mewaspadainya, maka keluarga kita dapat terserang demam berdarah yang telah merenggut banyak nyawa.

Usahakan lakukan tindak pencegahan dari lingkungan terdekat seperti menutup tempat penampungan air, kubur barang-barang bekas yang dapat dijadikan sarang oleh nyamuk, dan kuras bak mandi secara teratur agar jentik-jentik nyamun tidak berkembang disana.

Tanah Longsor
Tanah longsor sangat rawan terjadi di daerah perbukitan atau pegunungan yang gundul. Disaat hujan lebat datang dalam waktu yang lama namun tidak terdapat pohon-pohon didaerah resapan air, maka terjadilah bencana tanah longsor ini.

Agar tanah longsor dapat dicegah seharusnya ada kesadaran dari banyak pihak untuk tidak sembarangan menebang pohon yang menjadi tempat resapan air disaat hujan lebat mengguyur daerah perbukitan. Usahakan untuk melakukan penanaman pohon di sekitar rumah agar tanah longsor dapat dicegah.


Keempat hal itulah yang akan terjadi dan dirasakan banyak pihak disaat musim penghujan datang. Tindakan waspada dan pencegahan sejak dini harus kita lakukan agar korban akibat datangnya bencana diatas dapat ditekan jumlahnya.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.