March 5, 2016

Evaluasi 4 Hal ini agar Kasus Ina Si Nononk tidak lagi Terulang

Posted By: Wahyu Utama - Saturday, March 05, 2016

Share

& Comment



Evaluasi 4 Hal ini agar Kasus Ina Si Nononk tidak lagi Terulang

Netizen dibuat heboh dengan beredarnya foto tidak pantas sepasang remaja yang diduga masih duduk dibangku SMP. Foto tersebut menyebar luas di dunia maya dan diunggah oleh pemilik akun Facebook Ina si nononk. 

Remaja yang seharusnya fokus dalam belajar dan mempersiapkan masa depan mereka malah melakukan tindakan diluar kewajaran. Peristiwa ini membuat banyak pihak bertanya-tanya siapa yang sebenarnya salah sehingga ini dapat terjadi di Indonesia. Banyak hal yang harus dievaluasi dan kita lakukan perbaikan agar kasus diatas tidak lagi terulang dikemudian hari.

Berikut 4 Hal yang harus kita evaluasi agar kasus Ina Si nononk tidak lagi terulang.

Pengawasan Orang Tua
Orang tua merupakan pilar utama dalam terbentuknya moral dan perilaku seorang anak. Kesadaran kedua orang tua untuk senantisa mendidik anak mereka dan mengajarkan kepada mereka mana yang benar dan salah merupakan kuncinya. Pengawasan orang tua terhadap apa yang anak-anak lakukan juga mampu menekan angka rusaknya moral para anak Indonesia.

Hal diatas sangat berbeda jika orang tua hanya sibuk bekerja seharian sehingga mereka lupa melakukan pengawasan terhadap anak-anak mereka, maka perilaku buruk dan tercela seperti diatas akan mudah menghampiri anak-anak kita.

Media
Media juga turut berperan membentuk perilaku dan moral anak-anak Indonesia. Di zaman yang serba modern seperti sekarang dimana informasi sangat mudah tersebar dan diakses para remaja, informasi-informasi negatif sangat mudah masuk tanpa adanya batas. Mulai dari televisi yang hanya mementingkan rating dan share sehingga lebih memilih membuat acara-acara sinetron percintaan murahan yang isinya jauh dari nilai pendidikan sampai dengan akses internet yang sangat mudah didapat oleh para remaja dimana konten pornografi dan negatif sangat banyak tersebar. 

Kesadaran untuk membangun bangsa ini bisa oleh siapa saja termasuk media. Bantu orang tua untuk mendidik anak mereka dengan memberikan tontonan yang bermanfaat dan mendidik bukan hanya mementingkan uang yang akan didapat saja.

Pergaulan
Pergaulan yang salah banyak membuat para remaja dan anak Indonesia melakukan hal diluar kewajaran, mulai dari narkoba sampai kepada seks bebas. Bertanya kepada mereka merupakan solusi untuk mengetahui dengan siapa dan bagaimana pergaulan anak. Jika dirasa ada yang salah dan diluar kewajaran, maka beri pengertian kepada mereka bahwa hal itu salah dan tidak pantas untuk dilakukan.  

Lingkungan yang Peduli
Bagaimana mungkin dua anak remaja bisa dalam satu ruangan kamar dan berfoto tanpa pakaian dan tidak ada seorang pun yang tahu dan menegur mereka. Apakah Indonesia sudah tidak lagi peduli antara satu dan yang lainnya ?, entahlah jawaban ada dibenak kita masing-masing. 

Dengan kepedulian dan menegur ketika anak-anak kita salah sangat dapat menghindari hal diatas untuk terjadi lagi di Indonesia.

Keempat hal diatas merupakan hal-hal yang harus sama-sama kita perbaiki kedepan. Dengan pengawasan yang baik dari orang tua, perbaikan konten media, mengetahui bagaimana mereka bergaul, dan ditambah dengan kepedulian oleh lingkungan sekitar, kami yakin Indonesia dapat menjadi lebih baik dimasa yang akan datang.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.