March 10, 2016

Hal- Hal Menarik Saat Gerhana Matahari Total Terjadi

Posted By: Wahyu Utama - Thursday, March 10, 2016

Share

& Comment



Kemarin tanggal 9 maret 2016 baru saja terjadi fenomena alam yang langka terjadi yaitu gerhana matahari total. Banyak masyarakat yang antusias datang ke tempat-tempat keramaian hanya untuk menyaksikan fenomena alam ini. 

Hal- Hal Menarik Saat Gerhana Matahari Total Terjadi


Kemudian ada banyak hal-hal menarik yang terjadi berkaitan dengan fenomena gerhana matahari total ini. Berikut tiga hal menarik dari momen gerhana matahari total yang terjadi di Indonesia.

Berubahnya Perilaku Hewan
Gerhana matahari total menjadikan sinar matahari ditutupi bulan untuk sementara waktu sehingga perubahan kondisi dari terang ke gelap menjadikan banyak hewan beradaptasi menyesuaikan diri dengan kondisi disekitarnya. 

Pada saat kondisi gelap karena sinar matahari tertutup bulan, hewan-hewan yang aktif disiang hari menjadi lebih tenang dan menganggap hari telah malam dan waktunya untuk beristirahat. Disisi lain hewan yang aktif dimalam hari melihat kondisi lingkungan yang telah gelap menganggap hari telah malam dan waktu untuk berburu dan mencari makanan.

Perubahan perilaku hewan-hewan saat terjadinya gerhana matahari total menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk dilihat, karena saat gerhana matahari perilaku mereka menjadi lebih mudah untuk diamati terlebih lagi oleh para peneliti hewan.

Reaksi Beragam dari Masyarakat
Disaat semua orang turut serta menyaksikan proses terjadinya gerhana matahari total, banyak dari mereka yang melihat memberikan reaksi yang beragam. Ada yang bersorak-sorai dan bertepuk tangan yang menunjukkan perasaan bahagia dan senang atas apa yang mereka saksikan, ada orang yang berzikir dan mengucapkan kalimat-kalimat yang mengagungkan kebesaran Allah SWT, dan sampai juga ada orang-orang yang menangis serta takut atas kebesaran dan kuasa dari Allah SWT yang telah membuat bumi dapat berada pada garis yang sejajar dengan bulan dan matahari, sehingga dapat terjadi Gerhana Matahari Total di Indonesia.

Reaksi diatas menunjukkan bahwa masih banyak orang yang datang menyaksikan gerhana matahari total masih memiliki rasa syukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada para makhluknya.

Souvenir Khas Daerah Diserbu
Adanya momen gerhana matahari total ini memberikan daya tarik wisata terhadap setiap daerah di Indonesia yang dilintasi. Daya tarik wisata tersebut menarik banyak turis lokal dan mancanegara untuk datang menyaksikan gerhana matahari total. Setiap turis yang datang pasti ingin mendapatkan kenang-kenangan dari tempat yang mereka kunjungi salah satunya adalah dengan mendapatkan souvenir yang berkaitan dengan daerah yang menjadi tempat yang mereka kunjungi. Dengan hal tersebut menjadikan setiap souvenir yang dijual seperti prangko edisi gerhana matahari, kerajinan tangan daerah, sampai kepada pakaian dengan simbol daerah dan gerhana matahari total pun habis terjual.

Momen gerhana matahari total memiliki banyak sekali dampak positif terhadap banyak masyarakat. Dimana mereka mengetahui perilaku hewan-hewan, rasa syukur yang bertambah karena melihat keagungan-Nya, sampai dengan para penjual yang meraup banyak untung saat menjual souvenir gerhana matahari. Terakhir, semoga dengan berakhirnya gerhana matahari total membuat setiap daerah di Indonesia lebih dikenal luas dan menjadi tujuan wisata kedepan.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.