March 31, 2016

Harga BBM Diturunkan, Ini Dampak yang Akan Dirasakan Masyarakat

Posted By: Wahyu Utama - Thursday, March 31, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot – Pemerintah kembali mengambil langkah kebijakan untuk menurunkan harga BBM. Kebijakan tersebut diambil setelah diadakan rapat terbatas pada rabu (30/3/2016) kemarin. Kebijakan tersebut menjadikan harga BBM subsidi masing-masing diturunkan sebesar Rp.500, dimana premium menjadi Rp.6.450 per liter dan solar menjadi Rp. 5.150 per liter. Kebijakan ini akan berlaku efektif pada tanggal 1 april mendatang.

Harga BBM Diturunkan, Ini Dampak yang Akan Dirasakan Masyarakat


Penurunan harga BBM ini membuat berbagai dampak yang akan ikut dirasakan oleh banyak masyarakat Indonesia. Berikut ini merupakan dampak yang akan dirasakan masyarakat akibat dari penurunan harga BBM.

Harga BBM Turun Membuat Penurunan Tarif Angkutan

Harga BBM Diturunkan, Ini Dampak yang Akan Dirasakan Masyarakat

 

Berkaitan dengan penurunan harga BBM membuat tarif angkutan umum juga dipastikan ikut turun. Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan memastikan bahwa tarif akan turun sebesar 3 persen. Angkutan umum yang mengalami penurunan tarif meliputi angkutan penyeberangan laut dan sungai, angkutan kereta dan angkutan transportasi darat semisal bus kota dan bus AKAP.

Penurunan tarif ini seharusnya dipatuhi oleh semua pelaku usaha angkutan umum. Jangan hanya ingin menaikkan tarif saja disaat BBM naik, tapi juga ikut menurunkan tarif angkutan disaat harga BBM diturunkan oleh pemerintah.

Beralih Menggunakan BBM Non-Subsidi Karena Harga BBM Turun 

 

Harga BBM Diturunkan, Ini Dampak yang Akan Dirasakan Masyarakat


Turunnya harga BBM oleh pemerintah membuat selisih harga antara BBM subsidi dan BBM Non-Subsidi tidak terlalu jauh berbeda. Dengan berlakunya kebijakan penurunan harga BBM per tanggal 1 april nanti, premium yang awalnya Rp.6.950 per liter menjadi Rp. 6.450 per liternya. Harga tersebut tidak terlalu jauh berbeda dengan harga BBM Non-Subsidi semisal Pertalite yang harga per liter sebesar Rp. 7.100. 

Selisih harga yang hanya berkisar pada angka Rp.600 tersebut menjadikan masyarakat lebih memilih untuk beralih menggunakan BBM jenis Pertalite. Disamping karena selisih harga yang tidak terlalu jauh, penggunaan Pertalite menjadikan bahan bakar menjadi lebih irit dan mesin tetap bagus.

Kebijakan pemerintah yang menurunkan harga BBM ini akibat dari menurunnya harga minyak dunia. Dengan adanya penurunan ini diharapkan masyarakat Indonesia merasakan dampak baiknya yaitu dengan peralihan penggunaan BBM ke jenis Non-Subsidi yang lebih baik kualitasnya dari BBM bersubsidi dan juga penurunan tarif angkutan umum bagi masyarakat yang ingin berpergian.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.