March 14, 2016

Iuran BPJS Naik ! Ini Cara Memenuhi Pembayarannya

Posted By: Wahyu Utama - Monday, March 14, 2016

Share

& Comment



Terutama Spot - Pemerintah kembali membuat kebijakan dengan menaikkan tarif iuran yang harus dibayarkan para peserta BPJS. Dengan fakta masih banyaknya peserta yang menunggak pembayaran ditambah dengan kondisi ekonomi yang belum sepenuhnya stabil menunjukkan bahwa banyak dari masyarakat yang pasti sulit untuk memenuhi kebijakan baru tersebut.

Melihat situasi seperti ini rasanya mengeluh dan protes dengan kebijakan pemerintah sudah terlalu sering dilakukan dan masyarakat Indonesia sudah terlalu capek melakukannya. Langkah yang seharusnya kita ambil adalah mencari cara agar asuransi kesehatan tersebut dapat terpenuhi sehingga kesehatan keluarga kita terjamin. Berikut cara agar kita dapat memenuhi iuran BPJS Kesehatan.

Iuran BPJS Naik ! Ini Cara Memenuhinya

Kesehatan Itu Penting
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menanamkan pemahaman dari diri kita sendiri bahwa memiliki tubuh yang sehat itu penting. Dengan tubuh yang sehat kita dapat bekerja dan memenuhi semua kebutuhan hidup kita dan keluarga. 

Maka dari itulah dengan mengikuti program BPJS Kesehatan, kita telah mengasuransikan biaya-biaya yang harus kita keluarkan disaat kita sakit. Sehingga disaat keadaan sakit terjadi kita tidak perlu repot untuk mengeluarkan uang atau meminjam uang dari orang lain.

Buat Prioritas
Setelah tertanam pemahaman bahwa kesehatan itu penting, langkah selanjutnya adalah membuat prioritas. Atur setiap pendapatan dan pengeluaran kita setiap bulannya. Kebutuhan pokok seperti makan minum, transportasi, menabung harus kita beri prioritas terlebih dahulu. Selanjutnya setelah dialokasikan ke kebutuhan pokok barulah sisihkan sebagaian kecil untuk BPJS Kesehatan. 

Dengan Kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah mewajibkan para peserta membayar iuran sebesar Rp 30.000 per bulan untuk kelas III yang berarti kita hanya perlu menyisihkan uang sebesar Rp 1.000 setiap harinya. Jumlah ini seharusnya tidak menjadi sebuah beban bagi kita jika kita paham akan manfaat dari BPJS Kesehatan tersebut.

Sisihkan Pendapatan
Setelah rencana dibuat dan kita telah menentukan prioritas yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Maka kemudian kita harus lakukan rencana tersebut. Komitmen untuk membayar iuran BPJS Kesehatan dengan menyisihkan sebagian kecil pendapatan tiap bulannya. 

Dengan melakukan hal ini secara terus menerus kita dapat lebih tenang apabila sakit datang kepada kita, beban pikiran untuk membayar biaya kesehatan tidak lagi terpikirkan karena sudah ada yang menanggung biayanya.

Nikmati
Disaat kita membayar BPJS Kesehatan dan kita berat melakukannya karena beranggapan bahwa terlalu mahal pasti kita rasakan. Namun hal ini akan sirna disaat kita telah sakit parah dan perlu aktivitas medis yang berbiaya mahal sepeti cuci darah, kemoterapi apabila terserang kanker, dan operasi. Semua hal tersebut sangat mahal biayanya jika kita tidak menggunakan BPJS Kesehatan. Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan biaya tersebut tidak perlu kita keluarkan karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Kebijakan pemerintah ini memang membuat kita berat untuk mengikuti program BPJS Kesehatan. Namun dengan mengingat pentingnya kesehatan dan biaya yang harus dikeluarkan disaat kita sakit membuat kita paham bahwa kita perlu untuk berpartisipasi. 

Hilangkan pola pikir untuk terus mengeluh, ubah pola pikir untuk mencari jalan keluar dari setiap persoalan. Bukan Zamannya lagi rakyat Indonesia bermanja-manja dan merengek dengan kebijakan pemerintah. Kita semua harus yakin bahwa Rakyat Indonesia mampu mengatasi semua persoalan hidup yang mendera.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.