March 22, 2016

Waspada Virus Flu Burung, Ini Cara Mencegah Penyebarannya

Posted By: Wahyu Utama - Tuesday, March 22, 2016

Share

& Comment

Waspada Virus Flu Burung, Ini Cara Mencegah Penyebarannya


Terutama Spot – Setelah sekian lama tidak lagi terdengar, kini masyarakat mulai dikhawatirkan dengan isu penyebaran virus flu burung. Masyarakat merasa khawatir dengan adanya penyebaran virus flu burung karena banyak sekali kasus dimana ayam mati secara mendadak di daerah mereka. Kasus tersebut terdapat di Cilandak, Jakarta kemudian di daerah jawa barat dan jawa timur. 


Walaupun belum sepenuhnya positif bahwa peristiwa banyaknya ayam yang mati secara mendadak ini merupakan akibat dari virus flu burung. Namun masyarakat Indonesia khususnya mereka yang tinggal di daerah jawa diharuskan untuk lebih berhati-hati dan waspada. 

Sebagai bentuk dari kewaspadaan, berikut cara mencegah penyebaran virus flu burung agar kita semua tidak terserang penyakit flu burung.

Penyebaran Virus Flu Burung  

Flu burung menyebar lewat unggas yang dipelihara seperti ayam. Air liur dan kotoran dari unggas inilah yang merupakan sarana penyebaran virus flu burung. Bagi para peternak ayam ataupun unggas yang lain diharuskan secara rutin membersihkan kotoran unggas dari ternaknya. Jangan sampai kotoran tersebut menumpuk dan menjadi sarana penyebaran virus flu burung.
Perlu diperhatikan pula bagi para penghobi ayam ataupun burung yang dengan kesibukan kerja kadang lupa membersihkan kandang dan kotoran dari unggas yang dipelihara. Dengan adanya kasus yang mulai mengindikasikan adanya penyebaran virus flu burung sebaiknya para penghobi lebih memperhatikan kebersihan hewan peliharaannya.

Cara Memasak Ayam

 

Penyebaran virus flu burung juga dapat melalui konsumsi daging yang tidak dimasak dengan matang. Daging yang tidak matang dimasak membuat virus tersebut tidak mati secara sempurna dan akan menyebar kepada orang yang memakan.

Masaklah daging unggas yang akan dimakan dengan sempurna dan suhu yang tepat, hindari daging yang dimasak setengah matang atau masih terlihat merah saat akan dimakan. Hal ini perlu kita lakukan agar daging unggas yang kita makan tidak menyebarkan virus flu burung yang berbahaya.

Gunakan Masker

 

Virus flu burung dapat menyebar melalui debu yang terhirup opeh manusia. Maka dari itu disaat berpergian, apalagi ke daerah yang banyak masyarakat memelihara unggas sebaiknya menggunakan masker penutup hidung dan mulut. Hal ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan agar jangan sampai virus tersebut terhirup tanpa disengaja.

Ketiga langkah diatas merupakan sebagian cara yang dapat kita ikuti sebagai langkah pencegahan terhadap virus flu burung. Apabila kita semua waspada terhadap virus ini, diharapkan penyebarannya dapat dikurangi seminimal mungkin. Selanjutnya potensi terjangkit virus flu burung dapat kita tekan.

Baca Juga :
Ketahui Lebih dalam Tentang Virus Zika, Virus yang Dapat Membuat Anak Terlahir Cacat.
Fakta Baru yang Ditemukan Terkait dengan Virus Zika
Waspada Virus Zika menyerang ! Terapkan 4 hal ini untuk melindungi keluarga kita

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.