May 18, 2016

1 Juta PNS Dirumahkan !!, Ini yang Akan Terjadi Setelahnya

Posted By: Wahyu Utama - Wednesday, May 18, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot – Pada hari selasa (17/5/2016) Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Birokrasi, Yuddy Chrisnandi menyampaikan rencana untuk memangkas 1 juta PNS dalam tiga tahun kedepan. Rinciannya meliputi 500 ribu PNS yang akan pensiun dan 500 ribu lagi yang masih aktif namun memiliki kinerja yang buruk.

Rencana yang akan dilakukan pemerintah selama 3 tahun kedepan akan memilki berbagai dampak yang terjadi kedepan. Beriut ini 4 hal yang mungkin terjadi jika pemerintah merumahkan 1 juta PNS di Indonesia.

PNS, PNS Dirumahkan, 1 Juta PNS
Sumber Gambar beritabulukumba.com

Protes dari Masyarakat

Keputusan yang akan dijalankan oleh pemerintah dalam hal ini merumahkan 1 juta PNS pasti akan mendapat tanggapan yang kontra oleh masyarakat. Hal ini terjadi karena memang sebagian besar penduduk Indonesia menganggap PNS merupakan pekerjaan yang sangat dicari selain memiliki pendapatan yang tetap, masa pensiun mereka yang menjadi PNS pun dapat lebih terjamin karena telah ditanggung oleh pemerintah. Masyarakat banyak melakukan protes dikarenakan kebijakan yang dibuat pemerintah bertentangan dengan keinginan masyarakat banyak.

Pengangguran akan Bertambah

Dimasa- masa ekonomi yang belum menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan menjadikan sangat sedikit perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk para pelamar, sehingga banyak orang yang belum mendapatkan pekerjaan. Apabila pemerintah berencana merumahkan 500 ribu PNS dalam 3 tahun kedepan, maka konsekuensi logis yang akan terjadi adalah bertambahnya pengangguran di Indonesia. Hal ini tentunya berlawanan dengan tujuan pemerintah untuk terus mengurangi pengangguran di Indonesia dengan membuka lapangan kerja baru.

Tidak Ada Penerimaan PNS

Jika benar rencana pemerintah melakukan pengurangan PNS selama 3 tahun kedepan, maka kesempatan pekerja untuk bekerja menjadi abdi negara pun akan hilang. Penerimaan PNS untuk tiga tahun kedepan kemungkinan besar tidak akan ada karena pemerintah telah berencana mengurangi belanja pegawai dengan merumahkan 1 juta PNS di indonesia bukan malah menambah belanja pegawai baru.

Kinerja PNS Diharapkan Meningkat

Rencana pemerintah melakukan pemangkasan jumlah PNS ini diiringi dengan upaya untuk meningkatkan kompetensi PNS. Dimana apabila terdapat PNS yang produktif namun tidak berkompetensi, mereka akan disekolahkan lagi agar produktivitas mereka meningkat. 

Dilain pihak pun rencana pemerintah untuk memangkas 1 juta PNS di seluruh Indonesia ini akan menjadi sebuah shock theraphy bagi PNS yang ada. Artinya jika mereka ingin tetap berada di instansi pemerintahan konsekuensinya mereka harus meningkatkan kinerja dan produktivitasnya agar tidak menjadi orang yang dipilih untuk dirumahkan.

Penutup

Adanya wacana pemerintah untuk merumahkan 1 juta PNS ini seharusnya memiliki sebuah alternatif bagi pihak yang dirumahkan. Agar jangan sampai mereka yang dirumahkan menjadi pengangguran dimana hal tersebut akan mempengaruhi kehidupan keluarga mereka kedepannya. Selain itu, semoga dengan adanya kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah ini dapat menjadi cara yang efektif meningkatkan kinerja para PNS di Indonesia.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.