May 4, 2016

Belajar dari Kasus Yuyun, Ini Cara Mencegah Pelecehan Seksual Terhadap Anak Perempuan

Posted By: Wahyu Utama - Wednesday, May 04, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot – Kasus kekerasan seksual kembali terjadi dan memakan korban seorang anak perempuan di Bengkulu. Yuyun, seorang anak perempuan 14 tahun telah menjadi korban kebiadaban pelaku yang berjumlah 14 orang dan rata- rata masih di bawah umur.

Korban Yuyun tidak hanya mengalami kekerasan seksual oleh para pelaku namun juga dihabisi dan tubuhnya dibuang ke jurang. Peristiwa ini membuat para orang tua dan saudara laki- laki harus lebih menjaga anak perempuan mereka agar jangan sampai kasus yuyun ini kembali terjadi. Berikut beberapa cara untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual kepada anak perempuan.

Belajar dari Kasus Yuyun, Ini Cara Mencegah Pelecehan Seksual Terhadap Anak Perempuan
Sumber Gambar kupang.tribunnews.com


Beri Aturan yang Jelas

Belajar dari Kasus Yuyun, Ini Cara Mencegah Pelecehan Seksual Terhadap Anak Perempuan
Sumber Gambar habboipd.com

 

Ayah ataupun kakak yang memiliki anak ataupun adik perempuan seharusnya memberikan aturan yang jelas dan tegas. Beri penjelasan kepada mereka untuk tidak keluar rumah sendirian di waktu malam, karena tindakan pelecehan seksual sering kali memanfaatkan waktu malam untuk melakukan aksi kejahatannya. Selain itu juga, waktu malam juga cenderung sepi dan gelap sehingga para pelaku kejahatan dapat dengan bebas melakukan kejahatan seksual tanpa terlihat dan diketahui oleh banyak masyarakat. 

Dampingi Mereka

Belajar dari Kasus Yuyun, Ini Cara Mencegah Pelecehan Seksual Terhadap Anak Perempuan
Sumber Gambar suherlin.com

 

Disaat anak perempuan memiliki keperluan untuk pergi ke suatu tempat yang cenderung sepi dan belum diketahui aman atau tidak wilayah tersebut, sebaiknya perlu dilakukan pendampingan kepada mereka. Ayah dan kakak laki- lakinya perlu bekerja sama untuk melindungi anak perempuan tersebut agar dia dapat terhindar dari tindak pelecehan seksual. Melihat kasus Yuyun, diketahui fakta bahwa terjadinya tindak pelecehan seksual tersebut disaat Yuyun melintas di kawasan yang sepi dan sedikit dilalui orang- orang.

Waspada Dengan Teman Laki- lakinya

Banyak contoh kasus pelecehan seksual di Indonesia dimana teman laki- lakinya menjadi salah satu tersangka yang ikut terlibat. Dengan melihat kasus tersebut waspada dan berhati- hati dengan teman anak perempuan kita harus lebih ditingkatkan lagi. Tidak perlu melarangnya untuk menjauhi setiap laki- laki, cukup ajarkan norma- norma bergaul dengan teman laki- lakinya dan tahu siapa teman laki- lakinya.

Cara diatas merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orangtua dan saudara laki- laki untuk menjaga anak- anak perempuan dan sudara perempuannya. Dengan menambah kepedulian dan memperhatikan mereka lebih banyak, kemungkinan mereka untuk mengalami kekerasan seksual akan dapat ditekan. Dengan demikian kasus yuyun diharapkan tidak lagi menimpa anak perempuan di Indonesia.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.