May 9, 2016

Indonesia Ekspor Kapal Perang ke Filipina, Ini Fakta Menariknya

Posted By: Wahyu Utama - Monday, May 09, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot – Hari Minggu (8/5/2016) kapal perang buatan dalam negeri Strategic Sealift Vessel (SSV) di ekspor ke Filipina. Kapal Perang buatan Indonesia ini diluncurkan melalui dermaga PT PAL di komplek pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. 

Diekspornya kapal perrang buatan Indonesia ini memiliki banyak fakta menarik yang dapat kita ketahui. Berikut ini merupakan fakta- fakta menarik terkait dengan ekspor kapal perang yang dilakukan Indonesia ke Filipina.
Strategic Sealift Vessel (SSV), Kapal Perang, Fillipina, Ekspor Kapal Perang
Sumber Gambar jakartagreater.com

Kapal Perang Pertama

Kapal Perang Strategic Sealift Vessel (SSV) ini merupakan kapal perang pertama yang diekspor ke luar negeri. 

Nilai Kapal Perang

Kapal perang pesanan negara Filipina ini memiliki nilai sebesar 90 juta dolar AS atau sama nilainya dengan 1 triliun rupiah.

Spesifikasi Kapal Perang

Kapal perang SSV yang merupakan buatan dari PT PAL memiliki beberapa spesifikasi seperti memiliki panjang 123 meter, kapasitas angkut 10.300 ton, kecepatan maksimal 16 knot, serta mampu membawa 2 helikopter. 

Fungsi Kapal Perang

Kapal perang yang diproduksi oleh PT PAL ini tidak hanya berfungsi sebagai kapal perang semata, namun dapat juga digunakan untuk manfaat yang lainnya. Dimana kapal perang SSV ini dapat digunakan untuk mencapai perairan dangkal yang sangat cocok digunakan oleh Filipina yang merupakan negara kepulauan sama seperti Indonesia. Selain itu fungsi lain yang dapat digunakan dari kapal perang ini adalah dapat dijadikan sebagai rumah sakit terapung dan SAR yang tentunya sangat bermanfaat apabila terdapat bencana disana.

Pemikiran

Kabar diekspornya kapal perang Strategic Sealift Vessel (SSV) ini merupakan suatu prestasi tersendiri bagi Indonesia sebagai produsen kapal perang. Dengan adanya kepercayaan dari Filipina untuk membeli kapal perang dari Indonesia diharapkan dapat menjadi pemicu bagi perindustrian kapal perang Indonesia untuk terus fokus menghasilkan kapal perang terbaik, sehingga semakin banyak negara di dunia yang percaya terhadap industri kapal perang Indonesia.
Dengan semakin luasnya pasar ke mancanegara bukan tidak mungkin PT PAL yang merupakan perusahaan yang memproduksi kapal perang, semakin disegani dan dipercaya negara- negara lain untuk memproduksi kapal perang yang lain dan tentunya lebih baik dari sebelumnya.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.