May 30, 2016

Ketahui lebih Jauh Tentang Praktik Illegal Fishing di Indonesia

Posted By: Wahyu Utama - Monday, May 30, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot – Kapal Pencuri Ikan yang masuk ke dalam wilayah RI kembali ditangkap di perairan Natuna, Kepulauan Riau (27/5/2016). Kapal Pencuri Ikan tersebut berasal dari Cina dan dicurigai melakukan tindakan Illegal Fishing di perairan Indonesia. Banyaknya aksi illegal fishing ini menimbulkan keingintahuan kita tentang seperti apa praktik illegal fishing tersebut dan apa saja dampak negatif yang dirasakan oleh masyarakat kita khususnya para nelayan- nelayan Indonesia. Berikut ini adalah pengetahuan lebih jauh tentang praktik illegal fishing di Indonesia.

illegal fishing, pencurian ikan, kapal pencuri ikan
Sumber Gambar ajisularso.com

Kapal Pencuri Ikan yang Ditenggelamkan

Kementerian yang dipimpin oleh Susi Pudjiastuti yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menenggelamkan kapal  yang melakukan illegal fishing sebanyak 151 kapal sejak bulan Oktober 2014. Data tersebut pun dirilis pada 22 februari 2016 yang artinya sekarang pasti jumlahnya telah bertambah dari jumlah tersebut.

 

Lokasi Ilegal Fishing

Titik rawan yang menjadi target illegal Fishing meliputi laut natuna, Bitung Utara, Arafura Selatan, Laut Hindia, dan Papua Barat. Daerah tersebut menjadi target pelaku illegal fishing karena banyaknya kekayaan laut berupa ikan disana.

 

Negara yang Melakukan Illegal Fishing

Dari data yang dirilis rincian negara yang kapalnya ditenggelamkan adalah 50 kapal Vietnam, 21 kapal Thailand, 14 kapal Indonesia, 43 kapal Filipina, 20 kapal Malaysia, 2 kapal Papua Nugini, serta 1 kapal Tiongkok.

 

Peringatan yang Diberikan

Para pelaku Illegal Fishing ini akan diberikan peringatan terlebih dahulu sebelum dilakukan penangkapan oleh pihak Satgas Pemberantasan Ikan Secara Illegal. Peringatan pertama berupa kontak radio, peringatan dengan menggunakan pengeras suara, apabila masih tidak mau menyerah akan dilakukan tembakan peringatan ke udara, kemudian tembakan ke haluan kanan dan kiri, dan peringatan paling keras adalah dengan melakukan tembakan ke di anjungan kapal para pelaku illegal fishing.

 

Bukti Melimpahnya Kekayaan Laut Indonesia

Banyaknya pelaku illegal fishing yang masuk ke perairan Indonesia dan tidak jera meskipun ada ancaman akan ditenggelamkannya kapal menunjukkan bahwa banyaknya kekayaan laut di bumi Indonesia membuat banyak dari nelayan- nelayan asing yang nekat untuk melakukan illegal fishing di perairan Indonesia. 

 

Nelayan Dirugikan

Praktik illegal fishing ini tentu akan merugikan nelayan asli Indonesia yang mengandalkan hasil tangkapan dari kekayaan laut Indonesia. Jika pelaku illegal fishing tidak dicegah seperti sekarang, maka nelayan Indonesia akan semakin sulit mendapatkan hasil tangkapan karena telah dikuras oleh nalayan-nelayan asing dari berbagai negara.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

2 komentar:

Kang Oim said...

Wah kalau dilihat dari kapal yang ditenggelamkan sih, vietnam kayaknya menjadi urutan pertama ya kang? agak kecewa juga sih, soalnya kemrin lusa aku minum kopi ala vietnam gitu

Wahyu Utama said...

wah seneng ngopi juga kang.

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.