May 10, 2016

Saut Situmorang dan HMI berseteru, Ini Kesalahan Masing- masing Pihak

Posted By: Wahyu Utama - Tuesday, May 10, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot – Pada hari senin (9/5/2016) aktivis dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melakukan aksi demo ke gedung KPK. Aksi demo ini terjadi akibat pernyataan dari wakil ketua KPK, Saut Situmorang yang menyatakan kader HMI orang- orang yang cerdas saat mahasiswa, tapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat. 

Saut Situmorang dan HMI, KPK
Sumber Gambar news.liputan6.com

Pernyataan dari Saut Situmorang ini menyulut protes dari para aktivis HMI dan akhirnya melakukan aksi demo di depan gedung KPK. Aksi demo pun berlangsung rusuh karena massa dari HMI melakukan pelemparan batu dan merusak fasilitas umum di sekitar lokasi demo.

Dalam peristiwa ini terdapat kesalahan yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Apa saja kesalahan yang dilakukan HMI dan Saut Situmorang, berikut kesalahan yang mereka dilakukan.

Kesalahan Saut Situmorang

Saut Situmorang, HMI, KPK
Sumber Gambar nasional.kompas.com

 

Pernyataan yang dilontarkan Saut Situmorang yang menjadi awal pemicu terjadinya demo yang dilakukan HMI. Pernyataan Saut Situmorang yang menggeneralisir kesalahan beberapa pihak merupakan hal yang salah untuk dilakukan. Memang terdapat beberapa kader HMI yang terbukt melakukan korupsi dan merugikan negara, namun hal ini tidak dapat dijadikan patokan bahwa semua anggota HMI korup dan jahat.
 
Pernyataan Saut Situmorang yang demikian, ditujukan kepada seluruh kader HMI dan hal ini sudah pasti menyulut kemarahan para anggota HMI. Hal ini terjadi karena pernyataan tersebut mengarah kepada pencemaran nama baik, dan fitnah yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Kesalahan HMI

 

Saat melakukan demo di depan kantor KPK para masaa dari HMI melakukan perusakan fasilitas umum seperti melakukan pelemparan batu ke gedung KPK, merusak tempat sampah, dan mencoret- coret gedung KPK. Selain itu terdapat dua anggota kepolisian yang terluka akibat terkena lemparan batu dari masaa HMI.
Demo yang demikian sesungguhnya bukan demo yang baik untuk dilakukan. 

Melakukan perusakan fasilitas umum dan melukai pihak yang tidak memiliki sangkut paut dengan permasalahan merupakan kesalahan yang dilakukan saat berdemo, karena yang melakukan kesalahan adalah Saut Situmorang bukan fasilitas umum ataupun gedung KPK. Bukankah demo bertujuan untuk mengeluarkan aspirasi dan bukan untuk merugikan orang lain karena rusaknya fasilitas umum ??.

Perbaikan

Kejadian seperti ini seharusnya dapat dihindari dengan kecenderungan untuk berfikir terlebih dahulu sebelum berucap. Tidak seharusnya kita menilai suatu kelompok hanya berdasarkan segelintir pihak saja yang melakukan kesalahan. Selanjutnya kita perlu membudayakan unjuk rasa dengan tidak merugikan orang lain seperti melakukan pengrusakan terhadap fasilitas umum dan melukai pihak- pihak yang tidak memiliki sangkut pau sama sekali. Pengendalian diri dan emosi perlu untuk kita tanamkan agar unjuk rasa menjadi tempat mengeluarkan aspirasi dan pendapat bukan menjadi ajang untuk merugikan orang lain.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.