June 20, 2016

4 Cara Mengajarkan Anak-anak Berpuasa

Posted By: Wahyu Utama - Monday, June 20, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot - Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya untuk dapat beribadah dengan baik, salah satunya adalah dengan mengajarkan mereka untuk berpuasa di bulan Ramadhan. Namun seringkali para orang tua kesulitan untuk mencari cara yang efektif agar anaknya dapat berpuasa di bulan Ramadhan. Untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi  para orang tua dalam mengajarkan anak mereka berpuasa , berikut 4 cara yang dapat diterapkan para orang tua dalam mengajarkan puasa kepada para anaknya,

4 Cara Mengajarkan Anak-anak Berpuasa
Anak Berpuasa via kabarmakkah.com

Beri Teladan

Cara yang pertama untuk mengajarkan anak untuk berpuasa di bulan Ramadhan adalah dengan memberikan teladan kepada mereka. Orang tua harus lebih dulu memberikan contoh yang baik dengan berpuasa di bulan Ramadhan. Hal ini berkaitan dengan pola belajar anak yang cenderung mencontoh perilaku kedua orang tuanya. Jika mereka melihat kedua orang tuanya tidak berpuasa sedangkan dia diajarkan untuk berpuasa, maka akan sia-sia saja cara yang dilakukan karena kemungkinan anak untuk berpuasa sangatlah kecil.

Bertahap

Ajarkan anak-anak berpuasa secara bertahap, sedikit demi sedikit. Bisa dengan cara pada minggu pertama  berpuasa sampai jam 12.00 siang, minggu kedua berpuasa sampai jam 2 siang, minggu ketiga sampai jam 4 sore, dan pada minggu terakhir sampai selesai. Dengan cara yang bertahap sedikit demi sedikit akan lebih mudah membiasakan mereka untuk menahan rasa lapar dan haus. 

Konsisten

Cara yang selanjutnya untuk mengajarkan anak-anak berpuasa di bulan ramadhan adalah dengan konsisten atau terus menerus. Artinya orang tua harus senantiasa mengajarkan mereka berpuasa secara terus menerus, jangan lalai dan memanjakan mereka. Sebagai contoh hari ini berpuasa kemudian besoknya dibiarkan untuk tidak berpuasa, cara seperti ini tidak akan mampu melatih mereka untuk berdisiplin dalam menjalankan puasa. 

Beri Apresiasi

Terakhir adalah dengan memberikan apresiasi kepada mereka karena telah mau menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Apresiasi dapat berupa pemberian barang yang mereka sukai atau dengan mengajak mereka berjalan-jalan saat libur lebaran. Apresiasi merupakan suatu cara yang kita lakukan untuk menghargai niat mereka yang telah berpuasa di bulan ramadhan.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.