June 1, 2016

#DaruratKekerasanSeksual, Ini Dampak Kekerasan Seksual Terhadap Anak

Posted By: Wahyu Utama - Wednesday, June 01, 2016

Share

& Comment

Terutama SpotKasus kekerasan seksual terhadap anak dibawah umur seakan tidak pernah habis, walupun Perppu Kebiri bagi para pelaku telah berlaku. Peristiwa demi peristiwa yang lain terus ada dan muncul kepermukaan. Kasus yang terbaru adalah perkosaan oleh 21 laki-laki terhadap siswi Madrasah Ibtidiyah di Semarang. Para pelaku tidak sadar bahwa apa yang telah mereka lakukan akan berdampak pada kejiwaan dan kesehatan anak tersebut. Hawa nafsu dan pengaruh lingkingan yang buruk menjadikan mereka kehilangan pengendalian diri. Untuk mengetahui apa saja dampak kekerasan seksual terhadap anak, berikut penjelasannya.

Kekerasan seksual terhadap anak, dampak kekerasan seksual
Sumber Gambar radarbangka.co.id

Malu Akibat Menjadi Korban Kekerasan Seksual

Para korban yang telah mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan dalam hidupnya seperti kekerasan seksual akan merasakan malu terhadap orang lain terlebih lagi dengan teman yang sebaya dengannya. Lebih jauh lagi, perasaan malu akan menjadikan anak tersebut tidak ingin lagi bersekolah karena di sekolah dia akan bertemu dengan teman- temannya yang mengetahui peristiwa yang terjadi padanya. Akibatnya masa depan anak yang menjadi korban kekerasan seksual akan semakin memburuk.

Korban Kekerasan Seksual Dikucilkan 

#DaruratKekerasanSeksual, Ini Dampak Kekerasan Seksual Terhadap Anak
Sumber Gambar sadarlah.com

 

Perlakuan yang di dapat oleh anak yang menjadi korban kekerasan seksual adalah adanya pengucilan terhadap dirinya yang dilakukan oleh sebagian masyarakat. Hal ini salah untuk dilakukan karena anak yang menjadi korban akan merasa tertekan hidupnya dan dapat menjadi depresi akibat perlakuan yang salah oleh masyarakat. Anak yang menjadi korban kekerasan seksual seharusnya dapat dirangkul dan dilakukan pemulihan kejiwaan agar dia dapat dengan mudah melupakan kejadian buruk yang pernah menimpanya.

Penyakit Seksual

Dampak buruk dalam kasus kekerasan seksual terhadap anak adalah tertularnya mereka dengan penyakit seksual. Virus HIV yang membawa penyakit AIDS dapat menyerang para korban kekerasan seksual selain itu juga infeksi pada organ reproduksi akibat kekerasan yang dilakukan.

Kendalikan Diri

Masa anak-anak merupakan waktu dimana mereka belajar mengenai banyak hal di lingkungan pergaulan dan sekolah. Belajar untuk menjadi orang yang bermanfaat dan berguna bagi keluarga dan masyarakat. Dengan adanya dampak yang terjadi akibat kekerasan seksual, maka proses anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik akan terhambat. Masa depan cerah yang didambakan para orang tua akan hilang akibat kekerasan seksual terhadap mereka. Pengendalian diri yang baik seharusnya dapat dilakukan oleh para pelaku kekerasan seksual agar masa depan anak Indonesia tidak hilang akibat tindakan mereka.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.