June 13, 2016

Ini Dampaknya Jika Google Diblokir

Posted By: Wahyu Utama - Monday, June 13, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot – Pernyataan terkait pemblokiran Google di Indonesia disampaikan oleh ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia). Pernyataan ini dilatarbelakangi oleh pendapat bahwa Google selama ini tidak mampu untuk memblokir konten-konten pornografi sehingga banyak dari konten-konten tersebut mudah diakses dan dikonsumsi oleh anak-anak Indonesia. Pendapat yang melatarbelakangi gugatan untuk memblokir Google tersebut tidaklah salah namun akan ada beberapa dampak yang akan terjadi jika Google diblokir oleh pemerintah. Berikut 3 dampak yang akan terjadi jika Google diblokir. 

google diblokir, Pemblokiran google, ICMI
Sumber Gambar bgr.com

Buta Informasi

Google selama ini menjadi jembatan utama bagi banyak masyarakat di Indonesia untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan dari seluruh dunia. Jika Google di blokir, maka masyarakat akan semakin sulit untuk mendapatkan informasi yang akhirnya masyarakat kita akan banyak tertinggal informasi dari seluruh dunia. Dengan tertinggalnya informasi maka kesempatan kita untuk mengejar negara lain akan semakin sulit karena salah satu kunci untuk mengejar negara lain di bidang apapun adalah informasi dan pengetahuan yang memadai.

Banyak yang Hilang Pekerjaan

Masyarakat Indonesia banyak yang bekerja sebagai blogger di dunia maya dan menjadi penayang iklan dari Google untuk mendapatkan penghasilan. Begitu pula di Youtube, banyak masyarakat yang meraup pendapatan dengan menjadi penayang iklan di Youtube lewat channel mereka masing-masing. Jika Google dan Youtube di blokir akan menjadikan banyak sekali masyarakat Indonesia yang kehilangan mata pencaharian. 

Facebook Akan Menjadi Tempat Iklan Utama

Dampak ketiga jika Google diblokir akan membuat Facebook menjadi tempat utama bagi masyarakat untuk beriklan. Jika selama ini Google menjadi tujuan utama masyarakat untuk beriklan, dengan diblokirnya Google menjadikan Facebook menjadi pilihan utama masyarakat untuk beriklan di dunia maya. Hal ini dapat terjadi karena Facebook merupakan website yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak setelah Google.

Solusi bagi permasalahan ini sebenarnya banyak sekali bukan hanya terpaku dengan melakukan pemblokiran terhadap Google. Solusi bisa dimulai dari pengawasan orang tua, Pengawasan dari pemiliki warnet, dan juga penggunaan mesin pencari yang aman untuk digunakan oleh anak-anak seperti Kiddle. Dengan mencari solusi yang terbaik maka diharapkan tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.