June 21, 2016

Tips Mudik Lebaran Ke Kampung Halaman

Posted By: Wahyu Utama - Tuesday, June 21, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot – Bulan puasa sudah berjalan selama 2 minggu, yang artinya 2 minggu ke depan kita akan berjumpa dengan Hari Raya Idul Fitri. Pada Hari Raya Idul Fitri banyak masyarakat Indonesia yang memegang tradisi dan kebiasaan untuk mudik ke kampung halaman masing-masing. Tujuannya sangat beragam mulai dari yang rindu dengan sanak keluarga di kampung, ingin berkumpul dengan keluarga besar disana sampai dengan merayakan Lebaran di kampung halaman. Biasanya 2 minggu terakhir puasa merupakan waktu yang mulai dijadikan masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halamannya dan puncaknya pada hari mendekati Hari Raya Idul Fitri nanti. Sebagai bekal menghadapi mudik lebaran ke kampung halaman, berikut tips yang dapat anda ikuti.



Persiapkan Fisik


Cukup Istirahat

Persiapan Fisik yang pertama adalah dengan cukup beristirahat. Dengan istirahat yang memadai konsentrasi saat mengemudi jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kurang beristirahat, sehingga resiko kecelakaan akibat kelelahan pengemudi pun dapat dikurangi. 

Tempat Istirahat

Pastikan kita mengetahui dimana saja terdapat tempat untuk beristirahat karena pulang kampung merupakan perjalanan yang jauh sehingga beristirahat perlu untuk dilakukan. Untuk pemudik di daerah selain Jawa biasanya sangat sedikit pos-pos istirahat di perjalanan sehingga para pemudik perlu mengakali dengan mencari tempat istirahat yang baik seperti tempat pengisian bahan bakar atau rumah makan, di dua tempat tersebut biasanya disediakan musala dan WC dan kita dapat beristirahat sejenak disana.

Bawa Perbekalan

Selama perjalanan mudik ke kampung halaman biasanya pada waktu tertentu kita melewati wilayah yang jauh dari pemukiman penduduk sehingga penjual makanan sangat sedikit ditemui. Masalah seperti ini dapat diatasi dengan mempersiapkan makanan dan minuman untuk di perjalanan.

Persiapan Kendaraan


Periksa Setiap Sisi

Sebelum berangkat mudik sebaiknya sempatkan diri ke bengkel untuk memeriksa kesiapan kendaraan untuk dibawa dalam perjalanan jauh. Periksa apakan rem berfungsi dan tidak blong, periksa apakah lampu kendaraan menyala dengan baik, dan kelurusan setiap ban kendaraan. Persiapkan juga ban cadangan agar disaat ban kendaraab bocor diperjalanan dapat diganti dengan segera. Kemudian hal yang tidak kalah penting adalah wiper mobil, persiapkan sampo untuk dicampur kedalam air wiper untuk mencegah embun yang datang akibat hujan yang masih mengguyur di banyak kota di Indonesia.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.