July 29, 2016

3 Alasan Kuat Mengapa Eksekusi Mati Dilakukan di Indonesia

Posted By: Wahyu Utama - Friday, July 29, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot – Pemerintah Indonesia kembali melakukan eksekusi mati kepada para terpidana mati. Eksekusi mati dilakukan oleh pemerintah dikarenakan para terpidana telah melakukan kejahatan yang masuk kedalam kategori extraordinary crime atau kejahatan yang luar biasa. Kejahatan yang telah mereka lakukan pun berdampak sangat besar dan buruk bagi para korbannya.

Orang-orang yang kontra dengan hukuman mati beranggapan bahwa hukuman mati telah melanggar HAM dan bukanlah hukuman yang patut untuk dilakukan kepada para terpidana. Namun untuk melihat lebih terang dan jelas lagi mengapa hukuman mati tersebut dilakukan. Berikut ini 4 alasan kuat mengapa eksekusi mati dilakukan di Indonesia.


Kejahatan Luar Biasa

Para terpidana mati kebanyakan terlibat dalam kasus peredaran narkoba dan terorisme. Kedua kejahatan ini merupakan kejahatan yang sangat luar biasa dan akan berdampak luas bagi masyarakat yang menjadi korbannya. 

Sebagai contoh adalah kasus peredaran narkoba yang banyak memakan korban remaja menjadikan para korban yang menggunakan obat-obatan terlarang tersebut menurun fungsi mental dan kesehatan fisik yang terganggu. Jika fungsi mental dan fisik telah menurun maka produktivitas mereka sebagai generasi  penerus bangsa akan ikut turun, prestasi belajar yang menurun, dan pekerjaan yang dilakukan juga akan terganggu. Akhirnya masa depan cerah yang seharusnya mereka miliki sirna dengan sendirinya akibat menggunakan narkoba yang diedarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Memutus Rantai Tindak Kriminal


Setiap tindakan kriminal, tidaklah diinginkan oleh semua masyarakat yang ada. Begitu juga dengan tindakan kriminal yang masuk ke dalam kategori luar biasa. 

Mengapa ?

Hal ini dikarenakan setiap tindakan kriminal menggangu dan meresahkan banyak orang serta merugikan masyarakat yang menjadi korbannya. Oleh karenanya jalan yang dilakukan agar tindak kriminal tersebut tidak lagi terjadi adalah dengan memutus rantai tindakan kriminal tersebut.

Mengapa harus hukuman mati ?

Tidak semua tindakan kriminal dihukum dengan hukuman mati. Hukuman mati dilakukan hanya kepada orang-orang yang terlibat dalam kejahatan yang berdampak luas kepada masyarakat banyak dan sangat merugikan seperti Peredaran narkoba dan Terorisme.

Konsekuensi Atas Kejahatan

Setiap perbuatan pasti memiliki konsekuensinya, perbuatan baik akan mendapatkan penghormatan dan sebaliknya perbuatan jahat akan mendapatkan hukuman. Tidak ada orang yang diperlakukan buruk akan suka dengan orang yang memperlakukan mereka dengan buruk. 

Hal yang disebutkan diatas adalah konsekuensi logis yang didapatkan oleh tindakan yang dilakukan masing-masing orang. Pelaku kejahatan narkoba dan terorisme telah melanggar hak setiap orang yang menjadi korbannya untuk hidup dengan baik tanpa terlibat narkoba dan hak untuk hidup damai tanpa gangguan. Konsekuensi atas kejahatan yang mereka lakukan adalah hukuman karena dampak buruk yang mereka berikan kepada para korban. Jadi berlakukah baik dan memberi manfaat agar mendapatkan penghormatan di masyarakat bukan hukuman.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.