August 5, 2016

2 Sikap Ayah Mirna Salihin yang Perlu Ditiru

Posted By: Wahyu Utama - Friday, August 05, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot – Kasus meninggalnya Mirna Salihin yang diduga akibat meminum kopi yang telah tercampur racun sianida sedang dalam tahapan persidangan di pengadilan.

Dalam kasus ini terdapat sosok ayah almh.Mirna Salihin yang selalu mengikuti jalannya persidangan atas meninggalnya sang anak.

Kepedulian ayah dari almh. Mirna Salihin sangat terlihat ketika dia diwawancarai oleh media massa. Darmawan Salihin tidak hanya diam dan menyerahkan semuanya pada kepolisian, dia terus pro aktif mencari bukti-bukti yang menyebabkan anaknya meninggal dunia. 

Melihat sikap beliau sangatlah kontras jika dibandingkan dari beberapa kasus ayah yang buruk seperti tega menghancurkan masa depan anaknya sendiri, tidak peduli dengan apa yang dilakukan anak, dan tidak memberikan contoh yang patut untuk kita tiru.

Ayah, Ayah Mirna, Sikap Ayah
Darmawan Salihin Via poskotanews.com

Menghancurkan masa depan

Kasus seorang ayah yang memperkosa anak kandungnya cukup banyak dikabarkan di media massa.
Mereka tidak sadar bahwa apa yang telah mereka lakukan akan berakibat fatal bagi tumbuh kembang anak itu sendiri.

Hal yang lebih parahnya lagi anak dapat dendam dan sangat membenci ayahnya sendiri.

Apa hal tersebut yang seorang ayah inginkan ?

Tentu saja tidak, peran ayah seharusnya melindungi dan menjaga anaknya sendiri dari kejahatan yang datang dari luar sana bukan malah melukai anaknya secara mental dan kesehatan.

Tidak peduli anak

Seorang ayah yang tidak peduli kepada anaknya merupakan salah satu contoh dari ayah yang buruk.

Mengapa ?

Hal ini dikarenakan sosok ayah merupakan pribadi yang seharusnya ikut mendidik dan menyayangi anak-anaknya dan bukan hanya berkutat pada urusan pekerjaan saja.

Disaat sang ayah tidak peduli dengan apa yang dilakukan oleh anak, maka kontrol orang tua sudah hilang disini, dan akhirnya disaat sang anak sudah berprilaku menyimpang dan merugikan dirinya sendiri, sang ayah sudah terlambat untuk mencegah hal itu.

Untuk mencegah hal diatas terjadi haruslah ada sikap peduli untuk memperhatikan anak-anak mereka.
Apabila sang anak sudah cukup mendapatkan perhatian dari kedua orang tuanya. Mereka tidak akan mencari perhatian lain diluar dengan melakukan tindakan diluar batas kewajaran.

Ini contoh penelitian yang saya kutip dari tribunnews.com.


Dampak positif yang ditunjukkan dari penelitian tersebut seharusnya menjadi pemicu sang ayah untuk lebih dekat secara emosional kepada anak-anaknya. 

Karakter anak yang lebih baik akibat kedekatan dengan ayahnya memberikan bukti bahwa peran ayah dalam tumbuh kembang anak sangatlah besar dan berpengaruh. 

Maka dari itu erat dengan anak-anak wajib dilakukan oleh semua ayah dimana pun.

Penelitian selanjutnya menyatakan seperti ini.




Emosi yang stabil sangat dibutuhkan oleh anak-anak yang sedang tumbuh kembang karena dengan emosi yang terkendali mereka dapat lebih mengontrol perilaku buruk dan menyimpang yang didapat dari lingkungan pergaulan yang berpotensi untuk mereka lakukan. 

Tidak memberi contoh

Contoh selanjutnya adalah sikap ayah yang tidak memberi contoh baik kepada anak-anak mereka sendiri.
Sering memberi nasehat tapi tidak menjalankan apa yang diucapkannya.

Ini contoh yang sering terjadi.

Mengajarkan anak untuk tidak merokok karena berbahaya bagi kesehatan tubuh tapi kenyataannya sang ayah sendiri yang merokok secara terang-terangan didepan anaknya,

Nasehat tanpa disertai contoh perilaku yang benar sama dengan omong kosong.

Jika memang ingin menjadikan sang anak lebih baik, berikan contoh perilaku yang benar. Anak merupakan peniru yang sangat baik. Saat dia melihat ayahnya berperilaku buruk dengan sendirinya dia akan mengikuti begitu juga saat sang ayah berperilaku baik.

Mari kita menjadikan ayah almh.Mirna Salihin sebagai contoh nyata seorang ayah yang peduli dan menyayangi anaknya.

Apa yang perlu kita contoh dari sikap beliau ?

Membela Anaknya

Darmawan Salihin melakukan pembelaan atas kematian anaknya Mirna Salihin. Dia yakin bahwa ada seseorang yang membunuh anaknya dengan racun yang dimasukkan kedalam kopi yang diminum Mirna.

Beliau pro aktif melakukan koordinasi dengan pihak yang berwajib untuk mengungkap siapa pelaku yang menjadi dalang terbunuhnya Mirna Salihin.

Membela anak saat orang lain mengganggu bahkan sampai membuat anaknya terbunuh wajib dilakukan seorang ayah.

Sosok ayahlah yang menjadi garda terdepan untuk membela mati-matian saat anaknya diganggu oleh orang lain.

Bertanggung Jawab

Darmawan Salihin senantiasa mengikuti proses peradilan dan pencarian fakta menunjukkan bukti bahwa beliau merasa bertanggung jawab untuk mencari tahu siapa pelaku yang membunuh anaknya. 

Beliau merasa perlu untuk melakukan inisiatif mencari tahu bukti yang dapat mendukungnya mengungkap kebenaran di peradilan.

Rasa tanggung jawab inilah merupakan kompetensi yang penting untuk ada didalam diri setiap ayah.

Saat rasa tanggung jawab sudah hilang, kesadaran untuk menjaga orang-orang yang berada dalam tanggungannya akan ikut berkurang dengan sendirinya dan selanjutnya sang ayah akan hilang rasa pedulinya kepada anak-anaknya.

Hal diatas merupakan cerminan sikap yang ada di sekitar kita tentang sikap ayah kepada anak-anaknya. Para ayah banyak yang tidak sadar akan akibat yang berdampak pada anaknya saat mereka tidak peduli dan tidak memberi contoh kepada anak mereka.

Darmawan Salihin merupakan sosok yang dapat dijadikan contoh para ayah bagaimana memperlakukan anak-anak mereka.

Semoga kedepan semakin banyak ayah-ayah yang peduli, bertanggug jawab, dan senantiasa membela anaknya dari orang lain yang berbuat macam-macam kepada mereka.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.