August 16, 2016

4 Cara Sederhana Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

Posted By: Wahyu Utama - Tuesday, August 16, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot – Hari kemerdekaan Indonesia sebentar lagi, suasana merah putih sudah menghiasi hampir di semua sudut kota. Mulai dari bendera merah putih yang dipasang oleh masyarakat, sampai dengan atribut hiasan yang bertemakan hari kemerdekaan sangat mudah ditemukan.

Sebagai warga negara yang bangga karena menjadi bagian dari negara Indonesia, kita seharusnya ikut serta memeriahkan perayaan hari kemedekaan Indonesia dimana pun kita berada.

Bagaimana caranya ? 

Ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan, mulai dari cara yang paling sederhana sampai dengan cara yang rumit dan merepotkan untuk kita lakukan.

Sebagai contohnya, ada yang merayakan hari kemerdekaan Indonesia dengan melakukan upacara di dasar laut dan ada juga yang mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung yang didaki.

Cara apapun yang anda lakukan dipersilahkan, asalkan dengan niat ikut mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Untuk kalian yang masih bingung cara yang dapat dilakukan, berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan sebagai upaya ikut merayakan hari kemerdekaan Indonesia.
Kemerdekaan Indonesia, Cara
Merdeka Via vemale.com

Ini Cara Merayakannya


Pasang Bendera Kebanggaan 

Pasang Bendera Via batam.tribunnews.com

 

Memasang bendera merah putih disaat hari kemerdekaan merupakan wujud nyata bahwa kita selaku warga negara Indonesia sangat menghormati para pejuang kemerdekaan.

Mengibarkan bendera merah putih di hari kemerdekaan pun bukan hal yang sulit untuk kita lakukan dan tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Tidak harus membeli bendera baru untuk dipasang di depan halaman rumah, cukup bendera yang tahun kemarin sudah dipasang di hari kemerdekaan. 

Gunakan bambu yang ada di sekitar rumah dan dicat dengan warna merah putih untuk memberi kesan yang sama dengan warna bendera.

Jika tidak ingin repot, anda bisa membeli bambu yang sudah dicat yang biasanya banyak dijual oleh para pedagang di pinggir jalan. Mudah bukan ?

Menjadi Panitia Perlombaan

Lakukan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar anda tinggal saat datangnya hari kemerdekaan.
Kita bisa ikut berpartisipasi menjadi panitia lomba tujuhbelasan yang diadakan disekitar tempat tinggal anda. Hal ini terkhusus kepada para pemuda-pemuda yang ada di sekitar tempat tinggal.

Berkoordinasilah dengan ketua RT dan masyarakat sekitar bahwa lomba apa saja yang mungkin untuk dilakukan disekitar tempat tinggal anda, karena kita tidak mungkin mengadakan lomba yang nantinya tidak akan terlaksana karena minimnya peserta lomba.

Rencanakan juga sumber pendanaan, dari mana saja datangnya dana agar lomba tujuhbelasan dapat berlangsung. Jika para warga bersedia untuk menyumbang dana, hal tersebut sangatlah bagus. Artinya warga mendukung berjalannya acara perlombaan di lingkungan mereka.

Ikuti Perlombaan

Lomba Panjat Pinang
Panjat Pinang Via kebudayaanindonesia.net

 

Para anak-anak disaat hari kemerdekaan juga harus ikut memeriahkan perlombaan yang berlangsung di lingkungannya. 

Teknologi informasi yang menjadikan sebagian besar anak-anak asik bermain sendiri harus diimbangi dengan bermain dan berlomba bersama teman-temannya.

Hari kemerdekaan inilah merupakan hari yang tepat untuk mengubah kebiasaan anak-anak bermain sendiri menjadi senang untuk bermain dengan sebayanya.

Disaat mereka ikut perlombaan akan muncul kesadaran bahwa aktivitas diluar rumah dan bermain dengan teman-teman merupakan hal yang sangat menyenangkan jika dibandingkan dengan bermain sendirian didalam rumah.

Anak-anak yang ikut perlombaan pun dapat menjadi lebih akrab satu dengan yang lainnya dan dengan sendirinya menumbuhkan jiwa sosial yang selama ini berkurang akibat teknologi yang ada.

Saksikan Keseruan Lomba

Panitia lomba sudah ada, jadi peserta sudah tidak mungkin lagi.

Bagaimana untuk ikut memeriahkan kemerdekaan ?

Mudah saja,

Kita masih bisa ikut meramaikan perlombaan di hari kemerdekaan dengan ikut menyaksikan keseruan lomba yang ada.

Perlombaan tentu tidak seru dan menarik jika hanya ada panitia lomba dan peserta saja tanpa ada penonton yang akan menambah suasana yang lebih semarak.

Sorakan dan teriakan para penonton inilah yang menjadikan suasana lomba lebih semarak.

Selain menambah suasana lomba menjadi lebih meriah, dengan hadirnya kita sebagai penonton dapat membuat lebih mengenal dan akrab dengan tetangga-tetangga yang tinggal berjauhan dari tempat tinggal.

Merdeka !

Kemerdekaan Indonesia yang telah kita peroleh dan nikmati sekarang merupakan jerih payah perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang terdahulu.

Oleh karena itulah, mengenang dan merayakan kemerdekaan Indonesia sebaiknya kita lakukan sebagai cara untuk menghormati jasa mereka.

Tugas kita sekarang, harus juga melakukan sesuatu untuk bangsa dan anak cucu kita nantinya sebagai bentuk pemberian manfaat sebaik-baiknya kepada generasi selanjutnya agar mereka nantinya mengenang jasa dan kontribusi yang telah kita lakukan.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

0 komentar:

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.