December 31, 2016

Kontribusi Nyata yang Memajukan Bangsa

Posted By: Wahyu Utama - Saturday, December 31, 2016

Share

& Comment

Terutama Spot - Peran untuk memajukan dan ikut mensejahterahkan bangsa bukan hanya menjadi tugas dari pemerintah saja. Siapa pun yang dengan ikhlas dan rela berkorban demi bangsa dapat berkontribusi dalam bidang apa pun untuk memajukan bangsa ini.

Hal itu juga yang menjadikan Astra senantiasa melakukan kontribusi nyata untuk kesejahteraan banyak masyarakat di Indonesia.

Selama hampir 60 tahun berjalannya perusahaan di Indonesia, Astra memiliki sebuah filosofi Catur Dharma yang sejalan dengan kontribusi Astra kepada Indonesia.

Astra meyakini bahwa bukan hanya perusahaan saja yang harus maju dan berkembang namun juga masyarakat dan lingkungan yang ada di sekitar Astra beroperasi.

Astra via logos.wikia.com


Produk dan Layanan


Pada tahun 2015, pangsa pasar Astra untuk kendaraan roda empat sebesar 50% dari total pangsa pasar, untuk motor honda sebesar 69% pangsa pasar, dan 36% pangsa pasar untuk alat berat. 

Besarnya pangsa pasar produk menjadikan Astra mendapatkan penghargaan sebagai sepeda motor terlaris oleh Top Brands Award 2015.

Dari data dan penghargaan yang didapatkan tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia percaya dengan produk dan layanan yang diberikan oleh Astra.

Hal ini bisa terjadi karena Astra senantisa fokus pada penyediaan produk yang aman dan memenuhi standar untuk digunakan oleh masyarakat, selain itu Astra juga memberikan informasi tentang cara pemakaian, suku cadang, dan layanan pasca jual kepada para konsumen.

Selain hal diatas, keluhan pelanggan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh banyak perusahaan agar mampu memperbaiki produk dan layanan kedepannya.

Astra sadar akan pentingnya menangani keluhan-keluhan yang disampaikan oleh pelanggan. Terbukti dari menurunnya jumlah keluhan yang disampaikan oleh para pelanggan, dimana pada tahun 2014 terdapat 144 keluhan dan menurun menjadi 99 keluhan pada tahun 2015.

Penanganan keluhan pun dilakukan dengan segera dan paling lambat 3 minggu sejak keluhan pelanggan diterima perusahaan.

Kemudian berkenaan dengan kesejahteraan masyarakat Indonesia sendiri. Dalam hal ini Astra menggunakan pasokan bahan baku lokal untuk menghasilkan produknya yang bertujuan tidak lain untuk turut memajukan para pemasok bahan baku dengan menyerap pasokan bahan baku yang mereka tawarkan.

Astra Toyota Agya Via belitoyota.com


Produk-produk Astra yang menggunakan sebagian besar komponen lokal meliputi Toyota All New Kijang Innova dengan 85% komponen lokal, bahkan Astra Toyota Agya, dan Astra Daihatsu Ayla menggunakan 90% komponen lokal.

Sumber Daya Manusia


Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat penting dalam keberlangsungan Astra di Indonesia. Oleh karena itulah, dalam melakukan perekrutan karyawan, Astra memiliki standar acuan berupa 2C yaitu Competence dan Character.

Kedua hal diatas menekankan bahwa apakah seorang karyawan mampu dan memiliki kompetensi untuk menjalankan tugasnya dengan baik serta apakah karyawan tersebut memiliki karakter yang sejalan dengan filosofi Astra.

Bukan hanya menekankan pada saat awal perekrutan saja, Astra senantisa melakukan pengembangan Sumber daya manusia secara berkesinambungan melalui beberapa program seperti Astra Leadership Development Program, Integrated Talent Development, Expert Management and Development.

Dengan pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan, Astra meyakini bahwa produktivitas para karyawan akan senantiasa meningkat yang pada akhirnya akan berimbas pada kualitas produk yang lebih baik kepada para konsumen Astra.

Selain pengembangan sumber daya manusia dalam rangka peningkatan kualitas produk yang lebih baik. Astra juga menyelenggarakan sebuah ajang tahunan yang bernama InnovAstra yang merupakan kompetisi yang menampung semua inovasi yang dilakukan oleh semua insan Astra di seluruh Indonesia dan ini menunjukkan bukti bahwa Astra senantiasa melakukan improvement berkelanjutan dalam pelaksanaan aktivitas bisnisnya.

InnovAstra 31 via acc.co.id


Dengan memberikan sebuah penghargaan kepada setiap karyawan yang memiliki inovasi bermanfaat dalam keberlangsungan perusahaan, motivasi karyawan akan lebih terpacu untuk memberikan kinerja terbaik menghasilkan produk terbaik untuk para konsumen Indonesia.

Selain hal diatas, didalam dunia kerja rasa bosan ataupun jenuh pasti selalu ada didalam setiap diri karyawan. Motivasi kerja yang menurun akibat dari rasa bosan akan berdampak pada kualitas kerja dan produk yang dihasilkan.

Sadar akan hal ini membuat Astra membuat sebuah keseimbangan antara pekerjaan dan hidup yang nyaman yaitu dengan melakukan berbagai acara seperti PORSE (Pekan Olahraga dan Seni) ASTRA, Astra Menari Bakat, dan Family Day untuk para karyawan Astra.

Kontribusi Sosial


Dalam hal kontribusi sosial kepada lingkungan sekitar, Astra berfokus kepada 4 pilar meliputi pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan kesehatan.

Dalam bidang lingkungan, Astra berfokus untuk menekan penggunaan sumber daya alam untuk  setiap unit produk yang mereka hasilkan yang artinya semakin sedikit pula limbah yang akan dihasilkan yang akan berpotensi merusak lingkungan sekitar.

Dimana sebagai contohnya, penurunan intensitas penggunaan oli dari 464.33 L/unit produk pada tahun 2014 menjadi 171.96 L/unit produk pada tahun 2015, selanjutnya penurunan limbah air B3 dari 437.28 L/unit produk pada tahun 2014 menjadi 178.54 L/unit produk pada tahun 2015, dan begitupun terhadap penggunaan energi yang lainnya.

Bukan hanya melakukan aktifitas hijau di dalam perusahaan saja, Astra juga berfokus melakukan upaya pelestarian lingkungan melalui konservasi, sanitasi lingkungan, dan juga kampanye gaya hidup ramah lingkungan.

Contoh nyata adalah dengan merintis gerakan penanaman pohon sejak tahun 2008 dengan program “Satu Karyawan, Satu Pohon” dengan melibatkan semua karyawan Astra di seluruh Indonesia yang pada akhirnya program ini bertujuan untuk melakukan pelestarian lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global.

Gerakan menanam pohon yang digagas sampai dengan tahun 2015 telah menghasilkan 3.567.237 pohon yang ditanam dan 11 hutan kota.

Selanjutnya dalam bidang pendidikan, Astra telah memberikan 207.201 beasiswa untuk mereka yang memiliki prestasi dan juga untuk para warga yang memiliki keterbatasan ekonomi agar mereka tidak putus sekolah.

Para karyawan Astra pun turut terlibat dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat banyak, dimana total jam mengajar telah mencapai 86.947 meliputi pengenalan dunia kerja, lingkungan hidup, dan keselamatan berkendara.

Bukan hanya berfokus pada peserta didik saja, Astra juga berkontribusi terhadap pengembangan inovasi oleh para tenaga pendidik yang tujuannya agar tercipta inovasi baru oleh para tenaga pengajar dengan total guru binaan mencapai 33.220 guru binaan

Dalam dunia kesehatan, Astra berusaha untuk senantisa berperan penting untuk masyarakat Indonesia. Melalui CSR, Astra telah melayani 116.093 pasien dengan menggunakan program Mobil Kesehatan Astra/ Mokesa secara gratis.

Posyandu pun menjadi target Astra untuk dilakukan pembinaan yang bertujuan untuk peningkatan pelayanan posyandu dari segi prasarana, kompetensi kader posyandu, dan sistem pengelolaan yang lebih baik lagi. Total Posyandu binaan Astra telah mencapai 1.547 posyandu.

SATU INDONESIA


SATU INDONESIA adalah singkatan dari Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia yang merupakan sebuah penghargaan kepada para pemuda-pemudi di seluruh Indonesia yang memberikan manfaat kepada banyak masyarakat pada bidang pendidikan, lingkungan, wirausaha, dan teknologi.

SATU Indonesia via mimbar-rakyat.com


Selain hal diatas, SATU INDONESIA merupakan sebuah apresiasi dan bentuk dukungan Astra kepada mereka yang peduli dan sejalan dengan filosofi Astra yaitu ”Senantisa Bermanfaat dimana pun Kita Berada”

Sampai dengan tahun 2015, jumlah penerima apresiasi SATU INDONESIA telah mencapai 32 penerima tersebar di seluruh Indonesia. Dan jumlah pendaftar pada tahun 2015 sebanyak 2071 orang yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Jumlah tersebut memberikan bukti bahwa masih sangat banyak para pemuda-pemudi yang senantisa berkontribusi kepada tanah air Indonesia untuk kemajuan bersama.

About Wahyu Utama

Techism is an online Publication that complies Bizarre, Odd, Strange, Out of box facts about the stuff going around in the world which you may find hard to believe and understand. The Main Purpose of this site is to bring reality with a taste of entertainment

2 komentar:

Kang Oim said...

nice posting gan...

Wahyu Utama said...

SIAP,
makasih kunjungannya kang.

Copyright © TERUTAMA ™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.